02 Dec 2019, 10:33 WIB

Rekor! Tukang Ojek Pengkolan dan Tukang Bubur Naik Haji Jadi Sinetron dengan Episode Terbanyak

Sinetron Tukang Ojek Pengkolan dan Tukang Bubur Naik Haji adalah dua sinetron yang mencapai lebih dari 2000 episode atau sinetron dengan jumlah episode terbanyak.

Sinetron Tukang Ojek Pengkolan sendiri mencapai episode ke-2000 pada 20 September 2019 lalu. Dengan capaian tersebut, hanya ada dua sinetron yang memiliki lebih dari 2000 episode. Atau masuk dalam kategori sinetron dengan jumlah episode terbanyak sepanjang sejarah. Yakni Tukang Ojek Pengkolan dan sinetron Tukang Bubur Naik Haji yang berakhir di episode ke 2.185.

Sementara itu di bawahnya, ada sinetron Dunia Terbalik (RCTI) dengan jumlah 1.832 episode, disusul dengan sinetron Anak Langit (SCTV) dengan 1.412 episode, Sinetron Bajaj Bajuri (Trans TV) dengan 1.291 episode, Sinetron Jodoh Wasiat Bapak dengan 1.042 episode serta sinetron Cintra Fitri (SCTV/Indosiar) dengan jumlah 1.002 episode.

Sinetron Tukang Ojek Pengkolan (TOP) sendiri kali pertama tayang di RCTI pada 25 April 2015. Awalnya, sinetron garapan MNC Pictures ini tayang setiap pukul 17.30 WIB, namun kemudian kini tayang setiap pukul 19.15 WIB.

Cerita latar

Tukang Ojek Pengkolan bercerita tentang kehidupan di sebuah kampung yang berada di belakang gedung-gedung perkantoran Jakarta. Dikutip dari RCTI, di tempat ini tinggallah pasangan muda bernama Rojak (Ojak) dan Tati. Untuk mencari nafkah, Ojak bekerja sebagai tukang ojek yang berpangkalan di ujung jalan masuk ke kampung bersama dua rekannya, Purnomo ( Mas Pur) dan Sutisna (Tisna).

Tukang Ojek Pengkolan dan Tukang Bubur Naik Haji Jadi Sinetron dengan Episode Terbanyak, Purnomo dan Tisna ini, dua rekan Ojak sesama tukang ojek adalah perantauan yang datang ke Jakarta untuk mengadu nasib, tapi karena belum punya pekerjaan yang lain, terpaksa jadi tukang ojek.

Tukang Ojek Pengkolan dan Tukang Bubur Naik Haji Jadi Sinetron dengan Episode Terbanyak, Selain dua tukang ojek ini, Ojak sehari-hari bergaul dengan Bang Patar, seorang lelaki asal Sumatera Utara yang berprofesi makelar palugada (makelar “apa lu minta gua ada”) yang bisa membantu apa saja, mulai dari jual-beli tanah sampai memperbarui SIM.

Patar suka mangkal di warung milik Mpok Mumun, yang berjualan nasi uduk dan kopi. Ada pula Sofyan, Nurmala, dan anak mereka Bunga, tetangga dekat Ojak. Sofyan adalah seorang dosen di sebuah universitas tidak terkenal di Jakarta, sementara istrinya ibu rumah tangga biasa. Keunikan keluarga ini adalah sama-sama suka menggosip atau kadang-kadang malah jadi biangnya.

Adapun sinetron Tukang Ojek Pengkolan dibintangi oleh Eza Yayang sebagai Ojak, Furry Setya Raharja sebagai Mas Pur, Andri Sulistiandri sebagai Tisna, Tika Bravani sebagai Dhenok serta Fitri Ayu Maresa sebagai Yuli. Selain mereka, ada pula puluhan pemain lainnya yang masih bergabung maupun yang sudah tidak main lagi di Tukang Ojek Pengkolan.

Tukang Bubur Naik Haji mulai tayang di RCTI pada 28 Mei 2012 dan berakhir pada 7 Februari 2017 di episode ke 2.185. Dikutip dari wikipedia, sinetron ini merupakan perkembangan dari serial film televisi Maha Kasih dengan episode Tukang Bubur Naik Haji.

Tukang Ojek Pengkolan dan Tukang Bubur Naik Haji Jadi Sinetron dengan Episode Terbanyak, Pada masa awal penayangan, sinetron ini dibintangi oleh Mat Solar, Uci Bing Slamet, Nani Wijaya, Citra Kirana, Andi Arsyil Rahman, dan Latief Sitepu sebagai pemeran utama.

Namun Mat Solar selaku pemeran utama yang memerankan tokoh sentral memutuskan untuk mundur karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan untuk melakukan syuting. Sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini bersaing dengan sinetron Tukang Ojek Pengkolan yang membukukan lebih dari 2000 episode.

Diperkirakan Tukang Ojek Pengkolan akan mengungguli Tukang Bubur Naik Haji mengingat sinetron tersebut hingga sekarang masih tayang di RCTI. (*)

Sumber : Tribun

RECENTS
ARCHIVE