25 Nov 2019, 12:12 WIB

Media Citra Nusantara (MNCN) bidik pertumbuhan 14% di 2020, ini strateginya

JAKARTA, MSI.ID - PT Media Citra Nusantara Tbk (MNCN) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 12% hingga 14% pada 2020. Salah satu strategi untuk mencapai target itu adalah dengan membangun bisnis digital dan konten.

Head of Investor Relations Media Citra Nusantara, Fadel Putra, mengatakan, pihaknya juga menargetkan pendapatan tahun ini bakal menembus target pertumbuhan sebesar 10%.

Per September 2019, MNCN telah membukukan pendapatan sebesar Rp 6.27 triliun atau tumbuh 13% dari periode yang sama tahun sebelumnya. “Marjin EBITDA dan laba bersih juga akan meningkat pada 2020 disebabkan dari inisiatif digital,” katanya, Sabtu (23/11).

Salah satu fokus MNCN pada tahun depan yaitu dengan membangun bisnis digital dan konten yang sekarang ini terus mengalami pertumbuhan. Manajemen memproyeksi pendapatan dari bisnis digital dan konten akan menjadi pendapatan inti dari MNCN untuk tahun-tahun mendatang.

Media Citra Nusantara telah meluncurkan RCTI+ pada akhir Agustus silam, dan sekarang telah mencapai monthly active userm (MAU) sebesar 4 juta. Tahun depan, perseroan menargetkan MAU mencapai 30 juta dengan pendapatan dari RCTI+ sebesar US$ 30 juta.

Baca Juga: MNC Group Jadi Satu-Satunya Perusahaan Media Terfavorit Bagi Pencari Kerja

Selanjutnya, ia bilang, pendapatan digital akan mewakili 20% dari total pendapatan Media Citra Nusantara tahun 2022 dan akan berkontribusi sebesar 25% terhadap total pendapatan pada 2024 mendatang.

Meski demikian, ia menuturkan bahwa pertumbuhan pasar digital sejatinya juga menjadi tantangan sekaligus peluang bagi MNCN untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik ke depannya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia lebih memilih mengkonsumsi konten lokal dibandingkan dengan konten asing. Oleh karena itu, MNCN percaya bakal jadi pemain digital yang dominan dalam negeri.

Sementara dari sisi programming, Ia menambahkan perseroan juga akan terus fokus untuk menayangkan sinetron berkualitas, serta program-program besar seperti talent search, musical concerts, dan award shows.

“Program seperti ini menghasilkan pendapatan iklan paling besar diantara jenis program lainnya,” pungkasnya.

Sumber : Kontan